Nu Mang Ayek Headline Animator

SILABUS Bahasa Indonesia Kls XII

Posted by Mang Ayek 14.43, under | No comments

                                                                                                       SILABUS

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1.   Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
1.1   Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan

Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler
·   laporan perjalanan

·   Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·     Mencatat pokok-pokok isi laporan
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta
·     Menentukan kalimat yang berupa opini

·     Mencatat pokok-pokok isi laporan
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta
·     Menentukan kalimat yang berupa opini


Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   laporan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
4
·      teks laporan dari media cetak/ elektronik

·      laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat
1.2
Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran

Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler


·         Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·         Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
·         Memberikan saran untuk perbaikan laporan


·      Mengemukakan kritik  isi laporan
·      Memberikan saran untuk  perbaikan laporan


Jenis Tagihan:
·    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4

Teks laporan dari media cetak/ elektronik

Laporan kegiatan ekstrakulrikuler
OPPPMIA (OSIS)
Atau kepanitiaan tertentu






SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Berbicara
2.     Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
2.1
Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi


Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
·    ungkapan persetujuan atau penolakan
·      penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.


·   Melaksanakan diskusi
·      Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
·      Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
·      Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis
·       Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara

·    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
·   Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
·   Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
·   Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara


Jenis Tagihan:
·   praktik
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
4
buku yang terkait dengan diskusi

2.2
Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi


Buku nonfiksi
·   intisari buku
·   penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
·   hal-hal yang menarik dalam buku
·   memberikan komentar


·        Membaca buku nonfiksi *
·        Menulis intisari buku
·        Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif
·        Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman


·   Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
·   Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
·   Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman


Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   performansi
·   format pengamatan

4

buku nonfiksi

tuturan langsung

SILABUS
Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Membaca
3.     Memahami artikel dan teks pidato

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
3.1
Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
           

Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
·      ide pokok
·      Masalah dalam artikel
·      rangkuman artikel
·      kalimat majemuk
·      pola kalimat


·      Membaca artikel
·     Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·   Merangkum isi seluruh artikel
·   Mencari permasalahan dalam artikel
·   Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·   Mengidentifikasi kalimat majemuk


·     Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·   Menemukan kalimat pendukung ide pokok
·   Menemukan masalah dalam artikel
·   Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·   Mengidentifikasi kalimat majemuk


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas

4

tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik

buku-buku penunjang


3.2
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

Naskah pidato
·      Cara membacakan naskah pidato
·      Cara menanggapi pembacaan teks pidato


·   Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung 
·    Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat
·    Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman


·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting 
·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
·   Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat
·   Menanggapi pembacaan pidato

Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·         format pengamatan
·         pilihan ganda
·         uraian bebas

6

   Teks pidato
  dari internet/ media cetak

 Buku-buku 
  penunjang
SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Menulis
                                   4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
4.1
Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur


Contoh surat lamaran
· unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· struktur surat lamaran pekerjaan
· penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan

·   Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·      Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
·     Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·   Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan  EYD





·      Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan    
·     Menyusun surat lamaran  pekerjaan
·     Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      ulangan
·      praktik

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda


4

buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
4.2
Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku


Contoh surat dinas
· unsur-unsur surat dinas
· struktur surat dinas
· penggunaan bahasa dalam surat dinas
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan


·   Membaca contoh surat dinas
·  Mengidentifikasi struktur  surat  dinas (undangan rapat)
·  Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·   Menulis surat undangan rapat kedinasan
·  Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa

·    Mengidentifikasi struktur  surat  dinas
·    Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·    Menulis surat undangan
·    Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
    dan bahasa


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tes tertulis

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

4

buku tentang surat-menyurat
4.3
Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir


Contoh laporan diskusi
· unsur-unsur laporan diskusi


·   Membaca contoh laporan diskusi
·  Mengidentifikasi unsur-unsur yang  terdapat dalam laporan hasil diskusi
·  Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
·  Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)
·  Mendiskusikan laporan diskusi

·      Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
·      Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
·      Melengkapi laporan dengan lampiran

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

2

laporan 
 diskusi
4.4       
Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku

Resensi buku pengetahuan
·      unsur-unsur resensi antara lain:
1.  identitas buku
2.  isi yang penting/menarik
3.  bahasa pengarang
4.  keunggulan
5.  kelemahan
6.  kesimpulan


·   Membaca buku  (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
·      Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
  1. identitas buku
  2. isi yang penting/menarik
  3. bahasa pengarang
  4. keunggulan
  5. kelemahan
  6. kesimpulan
·   Mendiskusikan kelengkapan unsur-
unsur resensi yang ditulis teman

·      Mencatat identitas buku
·      Mendaftar pokok-pokok isi
·      Mencatat keunggulan dari isi buku
·      Mencatat kekurangan dari isi buku
·   Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
·   Mendiskusikan resensi yang telah dibuat

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    ulangan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4

buku yang terkait dengan resensi




SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
                                    5. Memahami pembacaan novel 

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiata
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
5.1  Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan  

Penggalan novel
·     penangapan segi vokal
·      intonasi
·      penghayatan


·   Mendengarkan pembacaan penggalan novel
·   Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
·     Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan
·     praktik

Bentuk Instrumen:
·   performansi
·   format pengamatan

4
·     buku novel

·     media setempat

·     buku-buku penun-jang
5.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel  
Penggalan novel
·   Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel  yang dibacakan teman
·   Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel
·      Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan
·   praktik

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·     buku novel

·     media setempat

·     buku-buku penun-jang





SILABUS
Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Berbicara
                                      6. Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi 

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
6.1        Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
13
·   puisi lama (pantun)
·   penanggapan pembacaan puisi dari segi:
·      lafal
·      intonasi
·      ekspresi

·Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru

·Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari
Jenis Tagihan:
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·     format pengamatan
4

·     buku kumpul-an puisi lama
6.2
Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

·      Puisi baru
·      Mengomentari pembacaan puisi dari segi
  1. lafal
  2. intonasi
  3. ekspresi

·Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibaca
·Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai 
·Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru
·Menanggapi pembacaan puisi baru: lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·      Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·       Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

Jenis Tagihan:
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·     format pengamatan
4

·  buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik



SILABUS
Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Membaca
                                       7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
7.1  Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai


Puisi karya sendiri :
·     tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
·     cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
·     makna puisi

·      Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
·      Menandai jeda puisi karya sendiri
·      Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
  • lafal dan intonasi
  • penghayatan
  • mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·      Menentukan makna puisi karya teman
·      Mengomentari puisi karya teman   

·      Menandai jeda puisi karya sendiri
·      Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
·    lafal dan intonasi
·    penghayatan
·    mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·      Menentukan makna puisi karya teman
·      Mengomentari puisi karya teman
Jenis Tagihan
·   tugas individu

Bentuk Instrumen
·   unjuk kerja
·   pilihan ganda
4

·      puisi karya sendiri
7.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen  

·      Cerpen
·      Unsur-unsur intrinsik cerpen :
·      tema,
·      latar,
·      alur,
·      penokohan/pesan

·       Membaca cerpen
·      Menceritakan kembali isi cerpen
·      Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)   dengan data yang mendukung
·      Mendiskusikan  unsur-unsur intrinsik cerpen
·   Menceritakan kembali isi cerpen
·   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Jenis Tagihan
·   tugas individu
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4

·   kumpulan cerpen
·   media cetak/ internet
·   tape/ kaset



SILABUS
Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Menulis
                                       8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
8.1  Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi

· buku kumpulan cerpen
· unsur-unsur resensi
· identitas buku
· kepengarangan
· kekurangan dan   kelebihan isi buku
· bahasa pengarang, dll


·      Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)
·      Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
·   identitas buku
·   kepengarangan
·   kekurangan dan kelebihan isi buku
·   bahasa pengarang, dll
·    mendiskusikan resensi yang telah dibuat

·  Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
·  Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·   buku kumpulan cerpen
8.2  Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
·        topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·        unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
·      Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat)
·      Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan
·      unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
·      Menanggapi cerpen yang ditulis teman
·      Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·      Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
·      Menanggapi cerpen yang ditulis teman
Jenis Tagihan:
·   tugas Individu
·   tugas kelompok
·    ulangan


Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·       
4

·buku yang terkait dengan menulis cerpen

·buku yang terkait dengan menulis cerpen




SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
                                        9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
9.1
Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   

1

Informasi secara langsung
·       pokok-pokok isi informasi
·       cara mengajukan saran
·       ringkasan isi informasi


·   Mendengarkan informasi secara langsung *
·   Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·   Menulis ringkasan isi informasi



·      Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
·      Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·      Menulis ringkasan isi informasi

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   kelompok
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat


4

·     informasi secara langsung
9.2
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  



Rekaman informasi
·       pokok-pokok isi informasi
·       cara mengajukan saran
·       ringkasan isi informasi


·      Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
·       Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·       Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi

·      Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
·      Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·      Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat


4

·     rekaman informasi dari radio/ televisi



SILABUS
Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Berbicara
                                       10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks
Kompetensi
Dasar

Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
10.1
Mempresentasikan program kegiatan/proposal 





Program kegiatan/ proposal
·      berpresentasi
·      diskusi dengan
     santun berdiskusi


·       Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah)
·      Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·      Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
·      Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan


·    Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·    Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
·    Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·    tugas individu

Bentuk instrumen:
·   Unjuk kerja
·   format pengamatan

4

·     buku yang terkait dengan proposal
10.2
Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat


Ide pidato dengan tema tertentu
·      cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat

·      Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·      Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
·      Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·      Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman

·   Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·   Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·   Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·   Memperbaiki cara dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan

Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan

4

·   buku yang terkait dengan pidato



SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Membaca
                                        11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Teks 900 – 1050 kata)
·    teknik membaca cepat
·    rumus membaca cepat
·      Membaca teks
·      Menemukan ide pokok
·      Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia 

·     Menemukan ide pokok
·     Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia


Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok
·      ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat

2
· artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif 
Teks yang berpola induktif dan deduktif
·    ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·    kalimat simpulan
·   Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel


·   Menemukan paragraf yang berpola induktif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
·   Menemukan dan Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
·   Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   ulangan
Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda

4
·     teks dari media cetak/ elektronik



SILABUS
Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Menulis
                                        12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
12.1
Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 


Menulis karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatikan:
·   ciri-ciri
·   kalimat kesimpulan
·   letak kalimat kesimpulan
·   penggunaan bahasa

·      Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
·      Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif

·   Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
·   Menyunting karangan berpola deduktif induktif

Jenis Tagihan:
·       tugas individu
·       tugas kelompok
·       ulangan

Bentuk instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat

4

·     teks dari media cetak/ elektronik
12.2
  Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup

esai

·      Membaca contoh esai
·      Mengidentifikasi ciri-ciri esai
·      Menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·      Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca

·   Menentukan topik untuk menulis esai
·   Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·   Menyusun paragraf pembukaan
·   Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
·   Menyusun paragraf penutup
·   Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk instrumen:
·   uraian bebas


6

·   contoh esai dari media cetak/ elektronik
·   buku  Pedoman EyD

SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
                                             13. Memahami pembacaan teks drama

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
13.1
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
 

Teks drama
·   unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)


·   Mendengarkan pembacaan teks drama
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
·   Melaporkan hail diskusi


·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar


Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      tugas individu
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat


4

·  buku kumpulan drama
13.2        Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 

Teks drama
·   simpulan isi drama


·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Mendiskusikan simpulan isi teks drama


·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Menyampaikan simpulan isi teks drama
·   Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
·     jwb. singkat
6

·  buku kumpulan drama
·  Ben Go Tun, Saini KM



SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Berbicara
                                        14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
14.1
Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam 


Teks gurindam
·    ciri-ciri gurindam
·    nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)

·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·      Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar


·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·   Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·    Unjuk kerja
·    format pengamatan

4
·     buku yang terkait dengan puisi lama
14.2
      Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari

Teks gurindam
·    pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari

·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja

2

·     buku yang terkait dengan puisi lama
·     buku yang terkait dengan puisi lama









SILABUS
Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Membaca
                                     15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
15.1
Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer

Kumpulan puisi kontemporer
·   ciri-ciri puisi kontemporer
·   tema puisi kontemporer
·   bentuk puisi kontemporer
·   diksi


·      Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
·      Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
·      Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·      Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi


·   Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
·   Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer



Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat

4

Kumpulan puisi kontemporer
15.2
      Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode

Karya sastra berdasarkan periodisasi
·   karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
·   perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode

·      Membaca karya sastra dari tiap periode                
·      Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·      Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·      Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) 
·   Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·   Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   
Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat
4
·      buku yang terkait dengan materi
·   karya sastra setiap periode



SILABUS

Nama Sekolah               : MA PPMI Assalaam—Sukoharjo
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      : Menulis
                                         16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
16.1
Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai


Kritik dan esai
·    ciri-ciri kritik dan esai
·    prinsip penulisan kritik dan esai

·      Membaca kritik dan esai
·      Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·      Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·      tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat

2
·   buku yang terkait dengan kritik sastra

·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2
Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
·    cara menulis kritik dan esai

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
6
·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
·   buku EyD

0 komentar:

Posting Komentar

Saya akan merasa bangga jika anda memberikan komentar.

Silahkan Masukan Pesan Anda.!!!

Kolom bebas

Nama *
Email *
Judul *
Pesan *
Upload a File
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image] [What's This?]